Langsung ke konten utama

Perbedaan Asisten Dosen, Asisten Instruktur dan Asisten Lab

    Asisten Dosen (asdos) sebagian dari kita pasti pernah mendengar atau bahkan mengetahuinya. Sedangkan, Asisten Instruktur (astur) dan Asisten Lab (aslab) terdengar awam (asing) bagi kita. Apa bedanya?

    Kata Asisten, umumnya berarti “orang yang bertugas membantu orang lain dalam melaksanakan tugas profesional, misalnya dalam pekerjaan, profesi, dan kedinasan.” KBBI Daring. (https://kbbi.kemdikbud.go.id).

    Asisten Dosen adalah “orang yang membantu dosen melaksanakan tugas profesionalnya.” KBBI Daring. (https://kbbi.kemdikbud.go.id). Kalimat tersebut berasal dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) daring yang berarti juga orang yang berkewajiban membantu dosen dalam pelaksanaan pembelajaran di lingkungan kampus. Tugas nya seperti menyiapkan kelas sebelum perkuliahan dimulai, memberi bantuan bimbingan mahasiswa, mengelola tugas-tugas mahasiswa, membantu penilaian, serta menggantikan dosen mengajar apabila sang dosen berhalangan hadir.

    Instrukur “orang yang bertugas mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya; pengajar; pelatih;KBBI Daring. (https://kbbi.kemdikbud.go.id). Berarti Asisten Instruktur adalah orang yang membantu instruktur atau pengajar dalam memberikan latihan. Tugas astur sama dengan tugas asdos, tetapi astur lebih mengarah kedalam praktik dibanding teori pelajaran dikelas, dimana astur mengawasi jalannya praktik.

    Laboratorium “tempat atau kamar dan sebagainya tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya).” KBBI Daring. (https://kbbi.kemdikbud.go.id). Berarti Asisten Lab adalah orang yang membantu laboran atau pengajar dalam mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya). Sama halnya dengan astur, aslab juga mengawasi jalannya praktik, yang membedakan bahwa aslab praktik di dalam lab.

    Kesimpulannya, Asisten Instruktur dan Asisten lab sama halnya dengan Asisten Dosen, mereka sama-sama bertugas membantu dosen. Apabila asdos lebih membantu dosen dalam pengajaran mengenai teori, astur dan aslab lebih mengenai praktikum.

 



Jika ada salah-salah kata bisa di komen dibawah, seperti singkatan kalimat dalam bahasa inggris CMIIW yang berasal dai kalimat correct me if I’m wrong yang berarti “koreksi/betulkan saya jika saya salah”. Wiktionary. (https://id.wiktionary.org). Sekian.

 

 

 

Sumber :

KBBI Daring


Komentar

  1. Perbedaan Asisten Dosen, Asisten Instruktur Dan Asisten Lab >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perbedaan Asisten Dosen, Asisten Instruktur Dan Asisten Lab >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perbedaan Asisten Dosen, Asisten Instruktur Dan Asisten Lab >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Ll

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Install Microsoft Office Visio 2013 (32 Bit dan 64 Bit)

Cara Instal Microsoft Office Visio 2013 (32 Bit dan 64 Bit), yaitu :

Cara Install Microsoft Office Visio 2010 (32 Bit dan 64 Bit)

Cara Install Microsoft Office Visio 2010 (32 Bit dan 64 Bit), yaitu :